diarydiar

bahagiakan hati dengan berbagi

Cara Cepat Membubarkan Halaqah

1 Komentar

foto dr google

foto dr google

Berikut ini adalah tiga cara cepat membubarkan halaqah yang disampaikan oleh ustadz Farid Dhofir, dari Jawa Timur. Jika ketiga hal berikut dilakukan oleh murabbi, dalam waktu yang tidak lama kemudian, dijamin halaqah (khususnya halaqah awal) yang dipegangnya akan bubar.

 

Datang Terlambat

Menunggu adalah hal yang menjemukan bagi banyak orang, termasuk mutarabbi baru. Apalagi jika menunggu kedatangan murabbi yang tidak jelas apakah ia datang atau tidak, jadi halaqah atau tidak. Semakin lama murabbi terlambat, detik demi detik terasa semakin lama, mencemaskan sekaligus menjemukan.

 

Pada menit ke-25 dari keterlambatan murabbi setengah jam, mungkin mutarabbi sudah memutuskan untuk pulang dan berjanji pekan berikutnya takkan kembali. Atau mungkin mutarabbi bertahan menunggu, namun sudah ada catatan di benaknya: “orang seperti ini tak layak jadi murabbi. Ia tak menghargai waktu, apa mungkin ia bisa menghargai hal-hal lainnya. Halaqah mungkin masih berjalan, namun ruhnya jadi hilang; tak ada kepercayaan. Akhirnya pun bernasib sama: bubar.

 

Tanpa Persiapan

Yakni murabbi datang ke halaqah tanpa mempersiapkan materi/madah yang akan disampaikan. Ia hanya datang namun tidak membawa bekal. Materi yang disampaikan seingatnya saja, sama sekali tak berpedoman manhaj. Sudah begitu ia pun tak menguasai apa yang ia sampaikan, jadilah ia gado-gado ngalor ngidul tak karuan.

 

Materi yang kacau itu ditangkap mutarabbi. Ketidaksiapan itu tampak jelas di hadapan mutarabbi. Maka halaqah yang baru itu langsung memperoleh kesimpulan: “tak banyak manfaatnya berlama-lama di forum ini, lebih baik baca buku sendiri.” Lalu bubarlah halaqah itu tak lama lagi.

 

Sibuk dengan HP

Jika murabbi tidak mematikan hp, tidak juga men-silent-nya, lalu beberapa kali halaqah yang baru itu terganggu nada dering, percakapan murabbi lewat hp-nya, tangannya disibukkan dengan sms, BBM, dan sejenisnya, mutarabbi yang merasa tidak diperhatikan cenderung tak lama bertahan. Lalu nasib halaqah pun wassalam.

 

Semakin lengkap ketiga poin ini dilakukan murabbi, semakin cepat halaqah itu bubar. Maka jika antum tak ingin halaqah cepat bubar, hindari ketiga hal tersebut.

 

dari http://www.bersamadakwah.com

 

NB:

Tambahan yang bisa membubarkan halaqah dari pengalaman:

 

Libur Terlalu Lama / Tidak Rutin

Halaqah idealnya diselenggarakan minimal 1 kali/pekan, jika pertemuan ini ditunda terlalu lama, sampai 1 bulan, misalnya, biasanya mutarabbi (terutama yang masih awal) akan tergoda dengan zona nyaman, dan merasa lebih enak untuk tidak halaqah. Halaqah tidak lagi dirindukan.

 

Pembatalan Sepihak dan Mendadak

Misal nih, udah direncanakan malem tertentu, kemudian sang MR tiba2 membatalkan halaqah hari itu secara sepihak, meskipun alasannya syar’i, tapi hal ini sepertinya membuat Mutarabbi kita kapok, dan menganggap bahwa halaqah itu tidak terlalu penting karena bisa dengan mudah dibatalkan begitu saja.

 

Menurut hemat saya (sambil nasehatin diri sendiri), sesibuk apapun kita, jangan biarkan halaqah berjalan dengan tenaga2 sisa, tidak rutin, atau sering ada pembatalan secara sepihak. Sesibuk apapun, sempatkan untuk tetap bertemu. Meski tanpa snack 3000an, minimal dateng untuk salaman dan memberi senyuman.

 

Mari kembalikan fitrah halaqah menjadi ‘usrah’, sebuah ‘keluarga’ yang di dalamnya penuh cinta.

 

SEMANGAT MEMBINA!

Penulis: Diar Rosdayana

Simple. Humble. Senang berteman.

One thought on “Cara Cepat Membubarkan Halaqah

  1. ada cara yang paling ampuh lagi akh,
    tinggal kasih aba2 langsung aja. “Balik Kanan, Bubar jalan !”🙂

    naiise blog.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s