diarydiar

bahagiakan hati dengan berbagi

Ikhtiar Maksimal, Allah Jangan Ditinggal

Tinggalkan komentar

Seringkali, ketakutan kita terhadap suatu masalah jauh lebih besar daripada besarnya masalah itu sendiri. Sehingga ketakutan-ketakutan itu memenuhi fikiran, meruntuhkan logika dan mematikan hati. Inilah yang membuat sebagian orang mudah menyerah sebelum berjuang: kalahnya mental. Sampai terlupa bahwa setiap masalah yang diberikan Allah, sejatinya berbanding lurus dengan kemampuan manusia untuk menyelesaikannya.

Benarlah ucapan Khalid bin Walid dalam Perang Yarmuk. Kaum Muslimin yang berjumlah 46ribu orang merasa ciut karena harus melawan Pasukan Byzantium sebanyak 240ribu orang, bahkan sebagian riwayat ada yang menyebut 400ribu orang. Di tengah turunnya mental kaum Muslimin pada saat itu, Khalid pun berseru: “Daripada kalian sibuk menghitung jumlah pasukan musuh, lebih baik sibukkan diri kalian untuk memenggal leher mereka satu-persatu!”

Subhaanallaah. Semoga kita bisa meneladani sikap seperti ini. Daripada sibuk memikirkan beratnya suatu masalah, lebih baik sibukkan diri kita untuk mulai memecahkanya satu demi satu, sedikit demi sedikit. Ikhtiar maksimal, dan Allah jangan ditinggal. Insyaallah, you’ll find the way.

Penulis: Diar Rosdayana

Simple. Humble. Senang berteman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s